Alumni Stembayo

Thursday, August 26, 2004

[Electronika_90] pertemuan di Taman Mini

Sebenarnya aku pengin dateng mbah,tapi eh..mendadak ada acara minggu pagi di jakarta ...ya...udah nggak jadi deh.Salam aja buat semua yang datang besok.


nurwahdan supriyadi <simbah@indocement.co.id> wrote:
Mas Slamet Fotonya saya pasang di Galeri ya?

Buat rekan rekan semua ada nggak yang mau ikut pertemuan di Taman Mini besok minggu, mungkin mBak Tari bisa ngejelasin jadi nggak pertemuan itu dan apa yang akan di Bahas nanti. Rekan rekan yang diluar Jabotabek ada pesan nggak, yang ingin disamapaikan dalam pertemuan ini, bagaimana yang di Batam,Kaltim,Yogya, Purwakarta, dslb.

Salam

Nurwahdan
http://nurwahdan.fotopic.net


slamet gunawan wrote:
Banyak cerita mengenai orang toraja...
Kalau ada orang meninggal ,sebelum dimakamkan di atas bukit harus diadakan pesta adat dulu.Dimana pesta adat itu biasanya diadakan ditengah lapangan,di kiri-kanan lapangan dibangun panggung untuk tempat duduk para undangan yg mencapai ratusan orang.
Para undangan biasanya datang dengan membawa ternak yang akan disembelih seperti : sapi,kambing,dan paling banyak babi ,sekali pesta bisa menyembelih sampai ratusan ekor ternak (100-600 ekor).Pada saat musim pesta adat (juli-desember) harga sapi bisa mencapai 100 juta/ekor.(gila mahal banget ya?)
Bagi tuan rumah yang mengadakan pesta,dia harus mencatat semua undangan yang membawa ternak tadi dan dicatat sebagai utang yang harus dibalas nanti pada saat  si undangan tersebut mengadakan acara yang sama.Jadi rata2 keluarga toraja mempunyai utang turun-temurun.
 
Pesta adat memang memerlukan biaya besar,sehingga orang yang meninggal biasanya tidak langsung dimakamkan tapi tunggu uangnya siap.Dan rata2 memang keluarga toraja menyimpan mayat di rumahnya,mayat tersebut nggak boleh disebut meninggal tapi cuma tidur.Kalau waktunya makan ya..disamping mayat harus ditaruh makanan juga.selesai makan ,diambil lagi.Kalau ada tamu berkunjung menanyakan nama orang yang meninggal tsb dijawab sedang tidur...gitu.
 
Lama penyimpanan mayat di rumah ini nggak terbatas lamanya,terserah kapan keluarga tersebut siap mengadakan pesta adat,celakanya kalau sebelum meninggal ada pesan  bahwa dia mau dimakamkan dengan pesta adat setelah cucunya jadi dokter misalnya.(lha kalau cucunya ini masih umur 5 tahun gimana? yaa..harus diturutin.....ngeri yaa?)

Udah deh...gitu aja dulu entar kepanjangan.
 
NB: es palu butung aku udah pernah minum di jakarta.
bunkam <yudia@sbi.sws.co.jp> wrote:
makasih foto2nya om Goen:-)
di makasar sempat minum es palu butung nggak yaa? soale kata orang, belum sampai ke makasar kalau belum minum es tsb:-))
 
Itu kuburan yg kemaren buat suuting "uka-uka", coba dech perhatikan foto ke-2, di bagian belakang mas Gunawan, ada penampakan....hii..........
 
Mungkin ada "cerita" yg special mengenai toraja ini? Soale ini suku termasuk istimewa lho?
----- Original Message -----
Sent: Monday, August 23, 2004 13:35
Subject: [Electronika_90] Tanah Toraja

Beberapa saat yang lalu aku ada tugas ke makasar,terus ke tanah toraja .Jarak antara Makasar ke tanah toraja ternyata jauuuuh banget kurang lebih 600 km.
Perjalanan ditempuh selama 10 jam dengan menggunakan bis.Makin lama-makin jauuuh rasanya seperti orang hilang,udah gitu kiri kanan nggak ada yang kenal....bayangin!
 
Sampai tanah toraja udah tengah malam,untung bisnya mau nganter sampai ke hotel.Alhamdulillah!!! Bayangin udah sepi ...di negeri orang lagi...kan syereeeem.
 
Besok siangnya ,pas ada kesempatan aku minta dianter sopir ngeliat kayak gimana sih kuburan di atas bukit itu?
 
simaklah foto2nya!!!!


================================================
===
===                Tolong Ajak Teman teman untuk bergabung dengan
===                              kirim email kosong ke
===                   Electronika_90-subscribe@yahoogroups.com
===                Kunjungi situs kita di http://electronica90.cjb.net/
===
================================================




Do you Yahoo!?
New and Improved Yahoo! Mail - Send 10MB messages!

================================================
===
===                Tolong Ajak Teman teman untuk bergabung dengan
===                              kirim email kosong ke
===                   Electronika_90-subscribe@yahoogroups.com
===                Kunjungi situs kita di http://electronica90.cjb.net/
===
================================================






================================================
===
===                Tolong Ajak Teman teman untuk bergabung dengan
===                              kirim email kosong ke
===                   Electronika_90-subscribe@yahoogroups.com
===                Kunjungi situs kita di http://electronica90.cjb.net/
===
================================================




Do you Yahoo!?
New and Improved Yahoo! Mail - Send 10MB messages!

================================================
===
===                Tolong Ajak Teman teman untuk bergabung dengan
===                              kirim email kosong ke
===                   Electronika_90-subscribe@yahoogroups.com
===                Kunjungi situs kita di http://electronica90.cjb.net/
===
================================================



Yahoo! Groups Sponsor
ADVERTISEMENT
click here


Yahoo! Groups Links

0 Comments:

Post a Comment

<< Home